Minggu, 30 September 2007

Problem Solving

1. Problem Identification

Dalam menyelesaikan suatu masalah, tentunya kita memulai dulu memilah-milah permasalahan tersebut. Oleh karena itu langkah pertama dalam menyelesaikan masalah adalah mengidentifikasi masalah. Kita harus mampu menemukan apa penyebab dari masalah tersebut dan menemukan bukti-bukti yang terlibat dalam masalah tersebut.

2. Syntesis

Setelah menyelesaikan tahap mengidentifikasi masalah, maka dimulai tahap selanjutnya, yaitu tahap sintesis masalah. Dalam tahap ini, dimunculkan pemikiran-pemikiran untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan berbagai macam pemikiran yang bersifat kreatif dengan mengkombinasikan berbagai macam cara.

3. Analysis.

Tahap selanjutnya dalam menyelesaikan masalah adalah analisis masalah. Disini, kita mulai menggunakan kemampuan dan pendidikan yang dikuasai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Tahap ini mulai menggunakan model matematika untuk menyelesaikan masalah. Analisis masalah secara logis adalah mampu melihat jelas kebenaran dari sebuah opini, mendeteksi adanya beberapa kesalahan, membuat kesimpulan yang benar dari bukti-bukti yang ditemukan dalam tahap identifikasi masalah, memilih informasi-informasi yang relevan, mengidentifikasi celah-celah yang ada dalam informasi yang dapat membantu proses penyelesaian masalah, dan mengidentifikasi hubungan antara informasi yang diperoleh dan bukti-bukti yang ditemukan.

4. Application.

Dalam tahap aplikasi, proses-proses yang cocok, sesuai dengan informasi-informasi yang sudah diidentifikasi.

5. Comprehension

Tahap pemahaman merupakan tahap yang menggunakan teori sebagai landasannya, dan menerapkan teori tersebut dalam penyelesaian masalah tersebut. Sudah menjadi hal yang sangat lumrah, tanpa teori, tentunya praktek penyelesaian masalah akan berjalan dengan tidak sesuai dengan harapan.

Dalam tahap comprehension ini, perlu dilihat kembali penyebab-penyebab munculnya masalah, agar penyebab-penyebab itu dapat diselesaikan dalam prakteknya dengan menggunakan teori-teori yang telah dipahami.

Dengan telah di selesaikannya penyebab-penyebab dari masalah tersebut, tentunya solusi dari masalah tersebut telah ditemukan.

Sedikit tambahan, tampaknya dalam tahap akhir perlu ditambahkan tahap evaluasi, agar masalah yang pernah kita selesaikan dapat menjadi bahan pertimbangan jika menemukan permasalahan yang berkaitan dengan masalah sebelumnya.

Tidak ada komentar: