Senin, 17 September 2007

Tugas Kontek 2

Di wilayah saya akan dilakukan pemasangan polisi tidur. Hal tersebut dikarenakan di wilayah ini sering terjadi kecelakaan karena banyak orang yang suka mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi dan cenderung membahayakan. Warga yang sekitar ada yang pro terhadap pemasangan polisi tidur ini, namun ada juga yang kontra. Sebagai seorang engineer, saya harus memutuskan apakah pemasangan ini perlu dilakukan atau tidak.


Ethical Egoism
Sebagai warga wilayah tersebut, saya kurang setuju akan pemasangan polisi tidur. Menurut saya, polisi tidur akan menghambat lalu-lintas, merusak mobil, dan mengurangi kenyamanan berkendaraan. Lagipula, dengan adanya polisi tidur, pasti akan menyebabkan terjadinya kemacetan di jalan wilayah saya yang sempit ini.


Utilitarian
Aspek yang dilihat
· Keamanan + (9) 27 %
· Kelancaran berkendara + (5) 15 %
· Kenyamanan berkendara + (3) 10 %
· Kecelakaan - (9) 30 %
· Kemacetan - (7) 18 %

Penghitungan = ∑ [ (+) × persentase ] ─ ∑ [ (-) × persentase ]
= [ (9 × 27) + (5 × 15) + (3 × 10) ] ─ [ (9 × 30) + (7 ×18) ]
= 348 ─ 396
= - 48, don’t do it !!!


Right Analysis
Sebenarnya, jika terjadi banyak kecelakaan dan cenderung membahayakan, sebaiknya dibangun beberapa polisi tidur. Namun, keselamatan berkendara sebenarnya tergantung dari individu masing-masing. Jika ada yang merasa mengalami keterlambatan dan tersita waktunya dengan adanya pemasangan polisi tidur, maka sebaiknya berangkat dari rumah dari awal. Sebaik apapun sistem yang dibuat untuk menanggulangi kasus ini, tentunya kembali lagi kepada individunya masing-masing.

Tidak ada komentar: